Upaya Mitigasi dan Aksi Responsif pada Bencana Kebakaran TPA di Indonesia

Post by: Administrator - 08 Desember 2023 10:48:11 WIB - dilihat 1438
Foto peserta Kuliah Tamu di Institut Teknologi Yogyakarta bersama pemateri

Yogyakarta – Pembakaran sampah domestik banyak terjadi di negara-negara berkembanga dimana pengangkutan sampah menjadi masalah utama di tingkat lokal. Sampah organik merupakan sampah yang paling banyak terbakar diikuti dengan sampah plastik, kertas, tekstil dan lain sebagainya. Pembakaran sampah tergantung dengan kondisi sosial-ekonomi suatu daerah. Dampak pembakaran sampah tidak hanya berakibat kepada manusai melainkan juga ke lingkungan. Hal tersebut disampaikan oleh Dr. Eng. Bimastyaji Surya Ramadan, S.T., M.T. dalam acara Kuliah Tamu untuk mahasiswa dan dosen di Institut Teknologi Yogyakarta dengan tajuk “Pembakaran Sampah Terbuka dan Insiden Kebakaran TPA-TPA di Indonesia: Upaya mitigasi dan aksi responsif pada bencana” pada hari Jum’at, 8 Desember 2023. 

Dr. Eng. Bimastyaji Surya Ramadan, S.T., M.T. adalah pengajar di Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. Beliau menamatkan pendidikan Doktor di The University of Kitakyushu dengan berbagai penelitian terkait pembakaran sampah terbuka baik di Indonesia maupun Asia. Lebih lanjut dalam pemaparannya, dampak dari kebakaran Tempat Pembuangan Akhir (TPA) akan dirasakan pada aspek sosial, ekonomi lingkungan dan kesehatan. Sebagia bentuk antisipasi dan pengangan bencana kebakaran ada beberapa langkah yang dapat ditempuh seperti rekayasa hujan buatan, penyiraman air secara massif menggunakan truk pemadam atau helicopter dan penggunaan deterjen, Inspeksi berkala terhadap kejadian pembakaran sampah, penggunaan sistem sanitary landfill, evakuasi penduduk yang terdampak serta Pembagian masker, tabung oksigen dan hand sanitizer kepada seluruh penduduk terdampak.

Hadir dalam kegaitan tersebut Rektor Institut Teknologi Yogyakarta (ITY) Prof. Dr. Ir. H. Chafid Fandeli yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa Institut Teknologi Yogyakarta berkomitmen dalam pengelolaan sampah dengan menghadirkan terobosan berbasis Green Technology dalam kurikulum program studi di ITY. Pengelolaan sampah juga dapat dikembangkan melalui kearifan lokal masyarakat sehingga lebih mudah diterima dan dilaksanakan.





Posted In UPAYA MITIGASI DAN AKSI RESPONSIF PADA BENCANA KEBAKARAN TPA DI INDONESIA
Penulis: Administrator

Berita Populer


Peran Jasa Kelautan Dalam Pembangunan Indonesia

17 Juni 2023 - 11:12:48 WIB

ITY Color Run And Fun Dies Natalis 5

14 Oktober 2019 - 04:03:35 WIB

Talkshow A Better Environment Comes From You and I

15 Oktober 2019 - 04:01:20 WIB

Berita lain


Informasi Terbaru


Alur Pengajuan Dispensasi Biaya Operasional Pendidikan ITY

08 Maret 2023 - 13:00:09 WIB

Surat Edaran Perpanjangan KRS

08 Maret 2023 - 12:57:57 WIB

Pengumuman lain