Teknik Pertambangan

Post by: Administrator - 01 Juli 2021 20:31:33 WIB - dilihat 1168

Program studi Teknik pertambangan Institut Teknologi Yogyakarta (ITY) mempelajari tentang penyelidikan umum, eksplorasi, ekploitasi, pengolahan, keselamatan, nilai ekonomi mineral dan tanggung jawab terhadap lingkungan, serta manajemen sumber daya mineral dan batubara. Teknik pertambangan ITY merupakan program studi yang berbasis teknologi hijau berkelanjutan, mengelola bahan tambang dari hulu sampai hilir secara berkesinambungan dengan mengedepankan aspek lingkunga.  Pentingnya perencanaan ekologi dan lingkungan diberikan perhatian secara signifikan dalam semua aspek kurikulum Teknik Pertambangan ITY. Teknologi hijau berkelanjutan yang dikembangkan yaitu mengembangkan teknologi mulai dari eksplorasi, ekploitasi, dan reklamasi yang memenuhi kaidah pertambangan yang baik (good mining practice), dan meningkatkan nilai produk dengan memperhatikan kesejahteraan masyarakat sekitar. Program studi Teknik Pertambangan ITY didukung oleh tenaga pengajar yang sesuai bidang keahliannya dan memiliki pengalaman dilapangan yang dapat diandalkan. Sarana penunjang proses belajar mengajar program studi Teknik Pertambangan ITY pada saat ini sudah memadai dan berusaha untuk semakin ditingkatkan sesuai dengan kebutuhan baik peralatan laboratorium, buku, referensi, wifi maupun sarana lainnya. Dalam rangka mengembangkan kemampuan dan profesionalisme program studi telah mengadakan kerjasama dengan berbagai pihak baik instansi Pemerintah maupun swasta seperti Perusahaan Pertambangan dan perguruan tinggi baik nasional maupun internasional.



Visi

Menjadi program studi yang unggul dalam perekayasaan pertambangan yang berbasis green technology di Indonesia pada tahun 2024


Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi dibidang perekayasaan pertambangan berbasisGreen Technology dan Good Mining Practice.
  2. Mengadakan kegiatan penelitian sesuai keahlian masing-masing dosen secara berkelanjutan untuk mengembangkan teknologi kekinian dengan kreatifitas yang inovatif dibidang pertambangan.
  3. Mengaplikasikan Green Technology dan Good Mining Practice untuk memecahkan dan mengatasi permasalahan lingkungan di bidang pertambangan.
  4. Menjalin jaringan kerjasama dan kemitraan dengan berbagai instansi dalam rangka menjadi Perguruan Tinggi yang unggul dan terpercaya.

Prospek Kerja

Lulusan Teknik Pertambangan ITY dapat bekerja di berbagai sektor seperti Industri Pertambangan, Industri/Kontraktor Alat Berat, Pegawai Pemerintah (ASN), Akademisi dan Peneliti, Tenaga Ahli Pertambangan di Tingkat Nasional maupun Internasional, Praktisi Pertambangan, Perbankan dan Bursa Efek Indonesia (BEI), Technoprenership/Wirausahawa




Lihat Prodi Lainnya: Teknik Lingkungan,  Magister Teknik Lingkungan,  Magister Ilmu Lingkungan,  Teknik Kelautan,  Teknik Industri,  Teknik Sistem Energi, 

Posted In TEKNIK PERTAMBANGAN
Penulis: Administrator

TINGGALKAN PESAN





0 komentar dalam artikel ini

Berita Populer


ITY Color Run And Fun Dies Natalis 5

14 Oktober 2019 - 04:03:35 WIB

Talkshow A Better Environment Comes From You and I

15 Oktober 2019 - 04:01:20 WIB

Kunjungan ITY ke UPSI Malaysia

31 Maret 2019 - 03:55:47 WIB

Berita lain


Informasi Terbaru


Surat Edaran Penanganan Covid-19 di ITY

19 Maret 2020 - 13:15:52 WIB

Pengumuman Wisuda Periode 10

13 Maret 2020 - 13:11:39 WIB

Pengumuman PMB Gel. Khusus

19 Agustus 2020 - 18:03:52 WIB

Pengumuman lain